Kuliah Sambil Kerja

Untuk Temen2ku yg kul sambil ker tetap semangat...!!!, sekalian sebagai motivasi diri... :)
KULIAH sambil bekerja atau kerja sambil kuliah, memang melelahkan fisik dan mental karena melakukan aktivitas ganda sekaligus. Namun, di sisi lain menyenangkan, selain mendapatkan penghasilan dari bekerja, seseorang akan memperoleh ilmu dari bangku kuliah.
Tak sedikit mahasiswa dan karyawan yang melakukan aktivitas ganda tersebut. Biasanya, alasan para mahasiswa reguler kuliah sambil bekerja karena terbentur faktor ekonomi saat biaya kuliah makin meningkat, adanya rasa ingin mandiri, atau membantu meringankan beban orang tua. Namun, ada juga yang ingin mengisi kekosongan waktu. Bahkan, karena mereka memiliki hobi atau bakat yang bisa disalurkan untuk sekalian mencari penghasilan.
Sementara, alasan karyawan yang kuliah lagi umumnya karena faktor ingin memperoleh pendapatan lebih besar, ingin mendapatkan pengalaman pendidikan yang lebih, mencari pekerjaan yang lebih baik lagi, atau karena tuntutan perusahaan. Biasanya, di tempat kerja ada promosi jabatan ataupun rekomendasi beasiswa dari perusahaan, yang memancing karyawan untuk kuliah lagi. Gelar lebih tinggi biasanya akan mendongkrak pendapatan mereka.

Modal utama untuk bekerja sambil kuliah atau sebaliknya:
1. Persiapkan fisik dan mental
Sebelum masuk ke dunia kuliah sambil bekerja, persiapkan terlebih dahulu fisik dan mental. Apakah fisik kita siap menjalani rutinitas baru dunia tersebut. Selain itu, mental kita hendaknya siap menerima konsekuensi kegiatan berganda tersebut. Untuk permulaan, menjalani aktivitas ganda ini mungkin akan terasa berat. Namun, setelah kita dapat menyesuaikan diri, tidak akan terlalu kaget untuk menjalaninya.
2. Mengatur waktu
Dalam menjalani aktivitas ganda ini kita harus bisa membagi waktu antara kuliah dan kerja. Oleh karena itu, cari jadwal yang fleksibel antara kuliah dan kerja, sehingga keduanya dapat dijalani tanpa mengganggu salah satu di antara kedua aktivitas itu. Biasanya pada karyawan yang bekerja antara pukul 08.00 - 16.00 WIB akan mengikuti perkuliahan mulai pukul 17.00 hingga 19.00 WIB.
Mengatur waktu libur juga perlu. Karena pekerjaan ganda itu cukup berat, seseorang yang bekerja sambil kuliah hendaknya menyisihkan waktu untuk refreshing.
3. Belajar dan bekerjalah segiat mungkin. Nikmati aktivitas ganda tersebut, buatlah jadwal sesantai mungkin. Usahakan memilih jadwal kuliah dan kerja yang fleksibel serta jurusan kuliah atau kerjaan yang saling berhubungan.

0 comments: